May Day Dan Deklarasi Partai Buruh

SURABAYA - analisapost.com | Lebih dari 5 ribu buruh mengikuti peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day pada hari Sabtu (14/05/22). Massa buruh beraksi di mulai di depan gedung DPRD Jatim jalan Indrapura, sehingga terjadi kemacetan.

Lebih dari 50 ribu buruh mengikuti peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day pada hari Sabtu (14/05/22) Foto: Charles

Demontrasi di gelar pada pukul 12.00. Salah satu orator menyampaikan bahwa aksi May Day tahun ini tidak hanya digunakan untuk menyampaikan tuntutan selama bekerja, selain itu mereka juga akan melakukan deklarasi berdirinya Partai Buruh.


Saat awak media Analisa Post bertanya kepada salah satu buruh yang hadir mengatakan, "awalnya jumlah buruh lebih dari 5 ribu orang. Namun mengingat kondisi pandemi, hanya 50 persen yang hadir. Mereka ada dari Surabaya, Sidoarjo, Gresik dan beberapa kota lainnya.


Dari pantauan awak media Analisa Post, massa menggunakan seragam berwarna orange bertuliskan Partai Buruh. Ada 4 tuntutan yang tertulis di mobil komando

  1. Tolak Omnibus Law/Undang-Undang no 11 Tahun2020 tentang Cipta Kerja

  2. Tolak upah murah

  3. Hapus Outsourcing

  4. Turunkan Harga Bahan Pokok (Minyak goreng, daging, tepung, telur dll)


Selanjutnya, setelah buruh kumpul di depan Gedung DPRD Jatim, di sampaikan oleh salah satu orator,"Kami hadir untuk menyampaikan aspirasi-aspirasi kita semua" ucapnya sebelum lagu-lagu perjuangan di nyanyikan.


Lanjut di sampaikan saat di atas panggung," Selain aspirasi yang di sampaikan, yang ke tiga kami akan menyanyikan mars partai buruh, ke empat di lanjutkan orasi politik yang di wakili dari KSPI Jawa Timur, orasi politik dari perwakilan KEP Jawa Timur, orasi politik perwakilan dari ORI (organisasi Rakyat Indonesia), orasi Politik dari GPI (Gerakan Perempuan Indonesia), orasi politik dari perwakilan Exco Kabupaten dari ujung timur sampai ujung barat." jelasnya.

Terbentuknya Partai tersebut tidak akan mengurangi intensitas aksi demotrasi. Serta dapat membantu para pekerja yang berada di Parlamen.


Menurut Ketua Exco Partai Buruh Surabaya Nuraddin Hidayat aksi kali ini dihadiri buruh dari berbagai daerah di Jawa Timur.


"Moment hari buruh digunakan untuk pemantapan bagi kaum buruh dalam membangun kekuatan politk melalui Partai Buruh." Ujarnya.(Che/Dna )


2.593 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua