top of page

Momen Berharga Berkumpul saat Lebaran dan Manfaatnya

SURABAYA - analisapost.com | Berkumpul bersama keluarga saat Lebaran tidak hanya sebuah tradisi, tetapi juga merupakan bukti betapa berharga dan tak ternilai hubungan keluarga itu. Dalam momen kebersamaan ini, kita merasakan hangatnya cinta, dukungan tanpa syarat, dan kebahagiaan yang melimpah. Meskipun momen Lebaran hanya berlangsung sesaat, kenangan-kenangan indah yang tercipta akan terus membekas dalam ingatan dan menjadi sumber kekuatan bagi kita di masa depan.

Kisah keluarga saat kumpul lebaran
Kisah keluarga saat kumpul lebaran (Foto: Ilustrasi AnalisaPost)

Tidak hanya itu, berkumpul bersama keluarga memiliki sejumlah manfaat, salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan mental. Saat menjelang Lebaran, tradisi masyarakat Indonesia seperti mudik dan berkumpul bersama keluarga menjadi momen yang sangat dinantikan. Ini merupakan waktu yang tepat untuk melepas kerinduan, terutama bagi mereka yang tinggal jauh dari rumah atau merantau.


Namun, apa manfaat sebenarnya dari mudik dan berkumpul bersama keluarga bagi kesehatan mental?


1. Pembaruan Kisah Kehidupan

Momen berkumpul keluarga saat Lebaran menjadi waktu yang sempurna untuk bertukar berita dan kisah tentang apa yang telah terjadi sepanjang tahun.


Mulai dari pencapaian di sekolah atau pekerjaan hingga rencana-rencana masa depan, setiap anggota keluarga memiliki cerita yang unik dan menarik untuk dibagikan. Percakapan yang ramai dan penuh tawa mengisi ruangan, menciptakan ikatan yang lebih kuat di antara semua anggota keluarga.


2. Meningkatkan kesehatan mental

Meluangkan waktu bersama keluarga dengan berkomunikasi secara langsung, ternyata secara signifikan mengurangi risiko depresi, kecemasan, dan gangguan mental lainnya. Berada di tengah-tengah orang-orang yang dicintai secara fisik, bukan hanya secara virtual, menciptakan dukungan emosional yang kuat dalam menghadapi berbagai tantangan dalam hidup.

3. Meningkatkan prestasi akademik

Biasanya, anak-anak yang menghabiskan waktu bersama keluarga cenderung mencapai prestasi lebih baik di sekolah. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa, ketika mereka berkumpul bersama keluarga, mereka belajar banyak keterampilan komunikasi dan memahami pentingnya pendidikan.


4. Kenangan Manis dari Masa Lalu

Tidak hanya berkumpul untuk membicarakan hal-hal yang terjadi saat ini, Lebaran juga menjadi waktu untuk mengingat kembali kenangan-kenangan manis dari masa lalu. Dari kenangan masa kecil hingga momen-momen spesial bersama yang telah dilewati bersama keluarga, setiap cerita membawa nostalgia yang mendalam dan senyum-senyum kecil di wajah para anggota keluarga.


5. Mengurangi risiko masalah perilaku

Selain mencapai prestasi, individu yang menghabiskan waktu bersama keluarga juga menunjukkan risiko yang lebih rendah terhadap masalah perilaku. Contoh masalah perilaku yang sering terjadi adalah kekerasan dan penyalahgunaan obat-obatan.


Berada di lingkungan keluarga dan terlibat dalam kegiatan bersama juga menyediakan solusi terbaik untuk mengatasi emosi yang tertekan. Oleh karena itu, peran keluarga sangat penting dalam meningkatkan kesehatan mental.


Terutama ketika seorang anak atau remaja berbagi masalah mereka dengan keluarga, penting untuk menerima dan mendengarkan mereka, karena nasihat yang diberikan dapat membantu mereka membuat keputusan yang positif.


6. Mengurangi Tingkat Stres

Individu yang memiliki hubungan yang baik dengan keluarga cenderung mencari pelampiasan yang lebih sehat saat mereka merasa stres. Sebagai contoh, mereka mungkin lebih memilih untuk bercerita kepada teman dan keluarga daripada menggunakan metode-metode berbahaya lainnya.


Kebiasaan ini membantu dalam membicarakan masalah bersama untuk mengurangi stres dan menemukan solusi yang efektif.


Banyak orang tidak menyadari bahwa stres juga memiliki dampak signifikan pada kesehatan fisik, seperti kelelahan, tekanan darah tinggi, dan masalah kesehatan jantung.


Oleh karena itu, penting untuk mengelola stres dengan baik, salah satunya dengan berbicara kepada orang-orang terdekat seperti keluarga atau teman yang dipercaya.(Dna)


Dapatkan berita pilihan serta informasi menarik lainnya setiap hari dan ikuti berita terbaru analisapost.com di Google News klik link ini jangan lupa di follow.

2.013 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page