top of page

Pawitra Ajak Pelaku Seni Melihat Budidaya Lele

SIDOARJO - analisapost.com | Komunitas Pelestari Seni Budaya Sidoarjo (PAWITRA) mengadakan kunjungan ke tempat budidaya ternak lele yang ada di Desa Candi Pari Porong Sidoarjo pada sore hari. Selasa (19/04/22)

Komunitas Pelestari Seni Budaya Sidoarjo (PAWITRA) mengadakan kunjungan ke tempat budidaya ternak lele yang ada di Desa Candi Pari Porong Sidoarjo.(Foto: Div)

Kunjungan kali ini sebagai silahtuhrami selain melihat cara membudidayakan ternak lele. PAWITRA hadir bukan saja berbicara tentang seni dan budaya, tetapi juga berbicara tentang bagaimana cara meningkatkan perekonomian masyarakat melalui budidaya ini secara tradisional.


Ketua PAWITRA Sidoarjo, Titik Purwanti mengatakan, pihaknya melakukan kunjungan bertujuan untuk pelestarian pengetahuan tradisional khususnya di bidang pembudidayaan ternak lele dengan harapan bisa memotivasi warga dan menumbuhkan wirausaha-wirausaha baru sehingga bisa mengurangi pengangguran.


"Kami berharap dengan adanya ini, warga menjadi tertarik untuk membudidayakan ternak lele sehingga bisa meningkatkan ekonomi keluarga di tegah pandemi ini." ujarnya kepada awak media Analisa Post sore itu.


"Kami juga akan arahkan secara teknis dan akan mengundang Nara Sumber jika ada warga yang berminat untuk melakukan budidaya ternak lele. Jadi Pawitra sendiri memiliki program sendiri selain pengembangan seni dan budaya."


Pak Buamat yang kerap disapa pak Umbar sebagai pengembang ternak lele mengatakan, "Untuk mengembangkan lele tidak sulit. Tidak perlu menyiapkan lahan khusus untuk membuat kolam." ungkapnya.


"Budidaya lele sangat mudah asal kita telaten. Setiap pagi air kolam harus dikuras. Baru kemudian diberi pakan. Ini tujuannya agar air tidak bau. Lele bisa dipanen setelah 3 bulan." jelasnya.

Alasan diatas sangat jelas bahwa ternak lele merupakan ikan yang sangat mudah dalam membudidayakan.


Budidaya lele bisa menjadi bisnis alternative yang bisa dijalankan oleh siapa saja. Namun dalam membudidayakan dan berbisnis lele ini haruslah mempunyai skil atau jiwa sebagai peternak atau pembudidaya ikan lele.


Jadi bagi warga yang berminat, butuh pengetahuan dan tips. Hal ini dimaksud supaya membudidayakan ikan lele akan mendapatkan hasil yang sempurna dan sesuai dengan apa yang diinginkan.(Dna/Che)

473 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

コメント


bottom of page