Pesta Demokrasi Pemilihan Calon Ketua IPM SMP Muhammadiyah 5 Ngawi
top of page

Pesta Demokrasi Pemilihan Calon Ketua IPM SMP Muhammadiyah 5 Ngawi

NGAWI - analisapost.com | Dalam rangka menjalankan sistem reorganisasi kepemimpinan pengurus Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMP Muhammadiyah 5 Ngawi, melakukan pesta demokrasi pemilihan umum Ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM). Acara pesta demokrasi berlangsung di halaman SMP Muhammadiyah 5 Ngawi pada hari Selasa, 14 Februari 2023 pukul 07.00 WIB.

Foto bersama saat kegiatan pencoblosan calon Ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMP Muhammadiyah 5 Ngawi. (14/02/2023) (Foto: Taufan Rahsobudi)

Adapun kandidat calon Ketua Umum Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) terdiri dari 6 kandidat, diantaranya Alia Taqzahwa dan Muhammad Faza Awansyah 8A, Micka Arta Pinky dan MuhammadRagil Sugih Arto 8B, Nur Khusnul Khotimahdan Qurrotun Nisa Abidilah 8C.

Pada hari kamis, 9 Februari 2023 lalu, para kandidat calon ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) melakukan orasi visi, misi, dan program kerja mereka ketika terpilih menjadi Ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMP Muhammadiyah 5 Ngawi di Aula Gedung SMP Muhammadiyah 5 Ngawi pada pukul 07.30 WIB.


Para calon kandidat diberikan waktu sekitar 10 menit untuk penyampaian orasi sedangkan untuk pelaksanaan pemilihan umum calon ketua dilaksanakan tanggal 14 Februari 2023.


Ibu Djuwati, S.Pd. selaku Wakil Kepala Sekolah urusan kesiswaan menjelaskan mekanisme dari pesta demokrasi pemilihan calon ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM).

"Dengan melakukan seleksi kepada anak-anak perwakilan kelas 8, yang terdiri dari 8A, 8B, dan 8C. untuk sistem pemilihan sendiri dilakukan sama seperti proses pemilihan umum yaitu setiap orang hanya berhak memilih satu calon dengan cara menyoblos pada foto calon yang dipilih sedangkan untuk penyoblosan yang lebih dari dua calon maka dianggap tidak sah," ujarnya.


Ia menjelaskan pemilihan calon ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah dilakukan secara demokrasi karena ingin mengajarkan secara langsung (praktik) cara memilih dalam pemilihan umum, dimana akan mereka gunakan kelak dalam pemilihan umum calon presiden, kepala daerah, dan sejenisnya. hal tersebut kebetulan sesuai dengan kurikulum merdeka tentang proyek pembelajaran yang dipilih yaitu demokrasi.

Saat pencoblosan pemilihan calon Ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMP Muhammadiyah 5 Ngawi. (14/02/2023) (Foto: Taufan Rahsobudi)

Dari hasil pemilihan umum, saudara Micka mendapat 54 suara, Alia Taqzahwa 38 suara, Qurrotun Nisa Abidilah 23 suara, Muhammad Ragil Sugih Arto 17 suara, Nur Khusnul Khotimah mendapat 21 suara, dan Muhammad Faza Awansyah 6 suara. Maka dari hasil perolehan suara diatas, saudara Micka Arta Pinky terpilih secara sah dan mutlak sebagai Ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah 5 Ngawi periode 2023-2024.

Sementara Ibu Farita Lina Rodiyah, S.Pd.,M.Pd. selaku Kepala SMP Muhammadiyah 5 Ngawi mengatakan, "semoga dengan terpiliihnya Ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah di SMP Muhammadiyah 5 Ngawi yang baru, dapat menjadi seorang pemimpin dan bisa menjadi contoh yang baik kepada teman-temannya, serta bisa ikut membantu mendisiplinkan teman-temannya yang tidak patuh pada peraturan sekolah, dan bisa menggerakkan kembali kegiatan Ikatan Pelajar Muhammadiyah yang sudah lama berhenti," tutupnya mengakhiri.(Taufan Rahsobudi)


Dapatkan update berita pilihan dan berita terkini setiap hari dari analisapost.com

61 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page