Puasa 24 Jam Saat Nyepi
top of page

Puasa 24 Jam Saat Nyepi

SURABAYA - analisapost.com | Saat Nyepi, umat Hindu belajar untuk mengendalikan diri. Serangkaian ritual yang wajib dilakukan oleh umat Hindu salah satunya berpuasa 24 jam. Bukan sekedar puasa yang dilakukan pada perayaan Nyepi, tetapi begitu sarat dengan makna. Puasa itu wajib saat Nyepi, puasa masuk bagian dari Catur Brata penyepian.

1. Menjadi salah satu pantangan

Pada perayaan nyepi, empat pantangan yang dilarang untuk dilakukan oleh umat Hindu adalah: Amati Geni (tidak menyalakan lampu/api), Amati Karya (tidak bekerja/tidak melakukan aktivitas), Amati Lelungan (tidak bepergian ke luar rumah) dan Amati Lelanguan (tidak bersenang-senang). Seluruh pantangan ini bertujuan untuk menyucikan diri dan lingkungan sekitar.


2. Dimulai pagi hari

Hari raya Nyepi dilakukan mulai pukul 6 pagi hingga keesokan harinya pada pukul 6 pagi. hal ini juga termasuk berpuasa tidak makan dan tidak minum.


Apakah Puasa Saat Nyepi itu Kewajiban ?


Mungkin lebih tepat puasa saat nyepi adalah pilihan. Bagi yang mampu, merasa lebih sehat dan sudah tau manfaat puasa, akan lebih baik jika memilih berpuasa. Namun jika kondisi tidak memungkinkan, maka lakukan empat pantangan yang wajib dilaksanakan. Karena intinya dari berpuasa adalah sebagai media untuk belajar bisa menahan dan mengontrol diri. Kunci utama lancar melakukan puasa adalah jangan lupa sarapan dulu dengan makan makanan bergizi dan minum susu agar tidak lemas.(Dna)


Dapatkan update berita pilihan dan berita terkini setiap hari dari analisapost.com

1.238 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page