Rektor Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Lepas 877 Mahasiswa KKN
top of page

Rektor Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Lepas 877 Mahasiswa KKN

SURABAYA - analisapost.com | Rektor Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) Prof Dr.H Widodo Ario Kentjono di dampingi para Wakil Rektor serta Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Bidang KKN UWKS, Dr.Santirianingrum Soebandhi, S.E., M.Com melepas secara resmi 877 mahasiswa semester akhir untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang tersebar di wilayah Surabaya dan sekitarnya.

Rektor Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Lepas 877 Mahasiswa KKN
Rektor Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Lepas 877 Mahasiswa KKN (Foto: Div)

Upacara pelepasan mahasiswa KKN periode ke-2 UWKS berlangsung di aula Bangsal Pancasila pada Minggu 1 April 2024. Acara ini dihadiri para Dekan dan para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan seluruh peserta KKN LPPM.


Pelepasan peserta KKN secara simbolis dilakukan oleh Rektor dan para Wakil Rektor, Ketua Senat, serta Dekan ditandai dengan penerbangan pesawat kertas sebagai simbol para mahasiswa di lepas ke alam bebas untuk beradaptasi dan melakukan pengabdian kepada masyarakat.


Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UWKS, Dr.Santirianingrum Soebandhi, S.E., M.Com dalam laporannya menjelaskan, bahwa ini merupakan tahun ke-2 pelaksanaan KKN dengan model penyelenggaraan selama 1 semester.


"Total ada 877 Mahasiswa yang tergabung dalam 34 kelompok dan tersebar dibeberapa lokasi di Surabaya dan sekitarnya dengan mengusung tema Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal mengacu pada bidang-bidang penting seperti teknologi, kesehatan, ekonomi, lingkungan dan sosial," ujarnya.


"Sedangkan subtemanya nanti akan bervariasi tergantung kepada kondisi di masing-masing lokasi KKN. Besar harapan kami agar kerjasama ini dapat berjalan lancar dan bermanfaat bagi LPPM serta masyarakat yang menjadi sasaran program dan dapat memberikan kontribusi terbaik bagi pembangunan masyarakat setempat," jelasnya

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UWKS, Dr.Santirianingrum Soebandhi, S.E., M.Com
Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UWKS, Dr.Santirianingrum Soebandhi, S.E., M.Com (Foto: Div)

Para mahasiswa akan didampingi dan dibina oleh 73 orang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang berasal dari seluruh fakultas selingkung UWKS.


Rektor Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) Prof Dr.H Widodo Ario Kentjono dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada seluruh peserta KKN karena telah memasuki masa akhir perkuliahan.


Masa akhir perkuliahan artinya seluruh mata kuliah telah diselesaikan dan saat ini mulai melakukan pengkayaan ilmu dan mengaplikasikan ilmu yang selama ini didapat di bangku kuliah pada kehidupan dalam masyarakat melalui sarana pengabdian yaitu KKN.


“Melalui kegiatan KKN ini, selain bermanfaat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan, juga diharapkan dapat menjadi wadah pengabdian bagi mahasiswa kepada masyarakat. Di sini adik-adik akan dihadapkan pada kondisi nyata dan realitas yang sebenarnya, sehingga setelah tamat kuliah nanti adik-adik memiliki pengalaman bagaimana beradaptasi dan mengimplementasikan ilmunya di dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.


Rektor berpesan agar seluruh peserta KKN senantiasa menjaga kesehatan, menghormati adat istiadat di lokasi KKN, tidak berbuat onar dan senantiasa menjaga nama baik diri sendiri dan nama baik almamater.


“Tunjukkan jati diri adik-adik sebagai mahasiswa, kaum intelektual yang mampu beradaptasi secara baik, menjadi teladan generasi muda lainnya serta diharapkan dapat membantu menyelesaikan persoalan-persoalan yang di hadapi masyarakat,” tutur  Prof Dr.H Widodo Ario Kentjono.

Herning Prameswari Asmara dari Fakultas Hukum Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Herning Prameswari Asmara dari Fakultas Hukum Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (Foto: Div)

Dalam kesempatan yang sama, salah satu peserta KKN Herning Prameswari Asmara dari Fakultas Hukum Universitas Wijaya Kusuma Surabaya memaparkan, KKN merupakan sarana pembelajaran bagi mahasiswa untuk berpraktik langsung di masyarakat.


"Selain bentuk pengabdian, mahasiwa diharapkan mampu menjadi teladan dan mendorong masyarakat membuat sesuatu yang bermanfaat. Berharap KKN bisa berjalan dengan lancar, bisa diterima dengan baik," ucapnya yang disampaikan kepada awak media AnalisaPost.


“Mari memberi kontribusi yang positif dan menjaga nama baik almamater,” pesannya kepada mahasiswa mengakhiri perbincangannya. (Dna/Che)


Dapatkan berita pilihan serta informasi menarik lainnya setiap hari dan ikuti berita terbaru analisapost.com di Google News klik link ini jangan lupa di follow.

1.044 tampilan0 komentar
bottom of page