Romo Paschal Aktivis Kemanusian Di Polisikan
top of page

Romo Paschal Aktivis Kemanusian Di Polisikan

SURABAYA - analisapost.com | Nama aktivis Romo Paschal sudah tidak asing lagi. Siapa yang tak mengenal Pria kelahiran Dabo Singkep 9 April 1980 yang banyak mendapat penghargaan dari berbagai pihak. Kiprahnya dalam memperjuangkan HAM tidak perlu diragukan.

Namun siapa sebenarnya Chrisanctus Paschalis Saturnus alias Romo Paschal?


Aktivitas kesehariannya sebagai Pastor di wilayah Pangkalpinang. Romo Pascal membidangi Komisi Keadilan Perdamaian Pastoral Migran dan Perantau (KKPPMP) Keuskupan Pangkalpinang. Ia aktif dalam memperhatikan Pekerja Migran Indonesia (PMI). Ia juga sering menjadi narasumber di berbagai acara atau kegiatan.


Berdasarkan laporan atas dugaan permainan PMI ilegal yang dibekingi oleh Wakabinda Kepri Bambang Panji, Romo Pascal mencoba menindakilanjuti.


Namun yang terjadi justru Romo Pascal malah dilaporkan dan laporan itu terbukti dengan adanya laporan polisi nomor LP/B /5/1/2023/SPKT/ Polda Kepulauan Riau tanggal 17 Januari 2023.


Sementara RP sendiri dilaporkan atas dugaan penyebaran berita bohong dan pencemaran nama baik sesuai dengan UU nomor 1 tahun 1946 tentang KUHP Pasal 310 atau Pasal 311 KUHP.


Respon Keuskupan


Seorang imam Gereja Katholik, Romo Chrisanctus Paschalis Saturnus atau Romo paschal mendapat perlakuan tidak adil oleh aparat negara di Batam, tentu saja Keuskupan Pangkalpinang menyerahkan pada proses hukum yang berlaku.


Penyalagunaan Wewenang


Polda Riau harus menghentikan kasus tersebut dan BIN agar segera mengusut tuntas terhadap oknum yang mengatas namakan BIN. Miris BIN sebagai badan intelijen harusnya berperan aktif dalam memberantas perdagangan manusia.


Bagaimana dengan Presiden


Ini bisa jadi kali kedua pemuka agama yang dilaporkan dalam memperjuangkan kebenaran.

Di harapkan negara hadir membantu pihak - pihak yang berani menyampaikan aspirasinya. Pastinya apa yang disampaikan oleh Romo Paschal segera ada tindak nyata. Bukan malah di laporkan serta hembusan isu agama.


Di samping itu menanti reaksi dari Jokowi dalam menyelesaikan polemik tersebut. Jangan sampai kasus ini dibiarkan karena bisa menjadi preseden buruk diera pemerintah sekarang.(che)


Dapatkan update berita pilihan dan berita terkini setiap hari dari analisapost.com

59 tampilan0 komentar
bottom of page