Rumah Kreatif Menyajikan Sesuatu yang Berbeda
top of page

Rumah Kreatif Menyajikan Sesuatu yang Berbeda


Foto : Div (Rumah kreatif teman-teman Disabilitas)

Surabaya, Analisa Post | Setiap manusia mempunyai kekurangan dan kelebihan. Tetapi dalam kehidupan dibutuhkan motivasi yang tinggi. Karena dalam menjalani hidup tidak mungkin selalu bergantung pada orang lain. Seperti yang dilakukan oleh teman - teman disabilitas. Rabu (05/05/2021)


Mereka ternyata mempunyai tempat kreatif atau biasa disebut rumah kreatif. Sebuah produk, barang atau jasa dapat dikatakan kreatif apabila produk tersebut berbeda dengan produk yang sudah ada. Kata berbeda bisa berarti produk tersebut benar-benar baru, atau merupakan inovasi dari produk yang sudah ada.


Suatu produk kreatif dapat menciptakan hal baru baik itu wujud, proses maupun ide. Produk yang kreatif juga harus dapat lebih bermanfaat dan dapat diterima oleh semua kalangan. Kombinasi dari satu atau dua produk juga diperlukan sehingga lebih menambah fungsi dan kegunaan produk. Tetapi, yang disebut kreatif dan inovatif tidak hanya soal hal yang baru tetapi dapat mengembangkan produk yang sudah ada. Ide menciptakan produk kreatif dapat diperoleh dengan memperhatikan lingkungan sekeliling.

Foto : Div (Khusnul salah satu Disabilitas pembuat Tato dan Penjual Tahu petis )

"Seperti dengan adanya berbagai masalah yang terjadi di lingkungan dan apa saja yang sedang dibutuhkan konsumen dapat dijadikan ide baru untuk membuat produk kreatif." Ujar Khusnul kepada Analisa Post yang berkesempatan hadir untuk melihat langsung berbagai kegiatan yang dilakukan oleh teman-teman disabilitas.


Didalam rumah kreatif terdapat cuci helm, laundry sepatu, jualan tahu petis, roti bakar dll. Menurut Khusnul salah satu penjual tahu petis, "Rumah ini diberikan oleh salah satu organisasi keagamaan.Siapapun yang ingin membuka usaha, mereka siap membantu." Imbuhnya


Perlu diketahui penjual tahu ini sebelumnya artis tato yang dijalani cukup lama. Cuma selama menjalani kehidupan tersebut harus terlibat dengan narkoba hingga miras. Berdasarkan hal tersebut akhirnya diputuskan untuk masuk pesantren sampai sekarang.( Che/Dna )

2 tampilan0 komentar
bottom of page