Sejarah Hari Ini (6 Februari) Penemu Gas Oksigen Tutup Usia
top of page

Sejarah Hari Ini (6 Februari) Penemu Gas Oksigen Tutup Usia

SURABAYA-analisapost.com | Kondisi pandemi Covid-19 saat ini, sedikit banyak menyadarkan kita bahwa betapa pentingnya oksigen bagi keberlangsungan hidup manusia. Dampak gagal nafas yang diakibatkan oleh virus ini membuat banyak pasein di rumah sakit memerlukan sokongan oksigen tambahan.


Bagi pasien yang tidak mampu tertampung di rumah sakit akibat minimnya ketersediaan tempat tidur, membuat mereka harus membeli oksigen tabung. Oksigen (O²) yang merupakan salah satu senyawa penting bagi pernafasan kita ini, membuat kita teringat sosok ilmuwan yang bernama Joseph Priestly.

Foto : istimewa

Joseph Priestly adalah ahli kimia yang dikreditkan atas penemuan oksigen. Ia meninggal pada 6 Februari 18. Oksigen yang ia isolasi dalam bentuk gas itu, diberi nama dengan dephlohangih.


Penemuan gas oksigen ini tidak lepas dari kontroversi, dimana ilmuwan lain juga memiliki klaim kuat atas penemuan yang serupa. 2 ilmuwan yang dimaksud adalah Carl Wilhelm Scheele & Antoine Lavoisier.

Foto : istimewa

Sejarah ini sedikit banyak membuat kita bersyukur atas nikmat sehat yang sampai saat ini kita dapatkan. Coba kita analisa berapa biaya yang perlu kita keluarkan untuk membeli gas ini jika kita senasib dengan para penderita Covid-19 yang terpaksa harus mencukupi kebutuhan ini ketika tidak tertampung di rumah sakit?

Foto: istimewa

Mari kita kalkulasi bersama!

Harga isi ulang oksigen / tabung 1 m³ (belum termasuk tabung & regulator) = Rp. 25.000

Daya pakai dengan kebutuhan oksigen 4 Liter/menit = 4 jam

Kebutuhan oksigen / hari (24 jam) = 6 x Rp. 25.000 = Rp. 150.000

Biaya yang diperlukan untuk kebutuhan oksigen selama 1 bulan = 30 x Rp. 150.000 = Rp. 4.500.000


Fenomena ini membuat kita teringat sejarah 14 abad silam terkait hadist Rasulullah SAW yang berbunyi

نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ ، الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ

Ada dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan waktu senggang”.

(HR. Bukhari no. 6412, dari Ibnu ‘Abbas)

Semoga dengan sentuhan sejarah agama ini membuat kita semakin menjadi manusia yang senantiasa bersyukur & memanfaatkan kesehatan yang kita miliki untuk berbuat baik.


Sejarah terkait otobiografi joseph priestly dan sejarah lain yang terjadi pada tanggal yang sama (6 Februari) dari waktu ke waktu, dapat diakses pada link berikut :

https://youtu.be/inO2efETVUU

Salam Hormat

Ns. PanjiKu

Gerakan Sadar Sejarah

Respect The Past, Create The Future


443 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page