Soup Konro, Kuliner Legendaris Makassar

Diperbarui: 4 Jun

SURABAYA - analisapost.com | Jika berkunjung ke suatu daerah, tidak afdol jika tidak mencicipi makanan khas dari daerah tersebut. Setiap daerah tentu memiliki cita rasa yang berbeda dengan bumbu dan rempah-rempah yang digunakan, atau bisa jadi bahan sama tetapi nama yang berbeda seperti makanan Soup Konro. Kamis (2/6/22)

Chef Danang Lukito, Executive Chef Surabaya Suites Hotel (Foto: Div)

Siapa yang tidak mengenal makanan legendaris dari Makassar ini. Namun kini bagi pencinta kuliner soto, tidak perlu jauh-jauh datang ke makassar hanya untuk mencicipi makanan yang satu ini. Surabaya Suites Hotel kini menghadirkan makanan lengendaris Makassar yang patut untuk di coba.


Seperti yang disampaikan oleh Chef Danang pada hari Senin (30/5/22), "Ada 77 jenis soto di Indonesia dengan cita rasa berbeda. Ada Soto Betawi, Soto Medan, Coto Makassar, Soto Boyolali dan lain-lain. Ini sebenarnya masuk kategori Soup." Jelas Chef Danang Lukito, Executive Chef Surabaya Suites Hotel by Archipelago kepada awak media Analisa Post.

"Selama tiga bulan dari hari Senin sampai Sabtu, kita bisa menikmati beragam kekayaan kuliner di Nusantara pada parade Soto yang di adakan di Surabaya Suites hotel. Salah satunya Soup Konro." terang pria yang hobi memasak.


Sajian yang masuk kategori Soup, meski sama-sama memakai kluek sebagai salah satu bumbu, namun kuah Soup Konro berwarna coklat kehitaman. Bedanya adalah hidangan kuah daging berwarna hitam yang biasa disebut black soup tidak ada tulang iga, hanya campuran daging dan yang menjadikan rasa sangat tajam daripada rawon.

Masakan dengan irisan daging disajikan dalam magkuk besar berbalut rempah-rempah seperti, bawang merah, bawang putih, kemiri, kluwek, kunyit, jahe, merica, jintan, ketumbar, dan pala ditambah burasa, lontong, atau ketupat, dengan gore kaluku atau kelapa goreng dan kuning telur ayam kampung terasa nikmat di lidah umumnya disantap dengan nasi putih dan ikan bolu. Tak heran turis domestik dan mancanegara mencari Soup Konro.


Cara Membuatnya

  1. Rebus daging sampai mendidih, kemudian siapkan panci, tuang air, lalu rebus sampai mendidih. Masukan daging dan iga sapi. Masak sampai empuk kemudian tunggu sampai kuahnya mengeluarkan busa. Buang busa itu, lalu saring kuah bersama daging kedalam panci lain. Rebus ulang.

  2. Tumis bumbu-bumbu sampai wangi. Siapkan wajan, tuang sedikit minyak, lalu panaskan diatas kompor. Masukan daun salam, lengkuas, dan serai. Tumis sampai mengeluarkan bau harum. Tuang bumbu tummisan ke panci berisi daging dan iga. Rebus kembali sampai mendidih.

  3. Siapkan wajan, tuang sedikit minyak, lalu panaskan diatas kompor. Masukan daun salam, lengkuas dan serai. Tumis sampai mengeluarkan bau harum. tuang bumbu tumisan ke panci berisi daging dan iga. Rebus kembali sampai mendidih.

  4. Tambahkan bumbu kedalam panci berisi daging, masak kembali dan sajikan saat mulai mendidih, masukan kapilaga, kayumanis, cengkeh, air asam Jawa, dan garam. Aduk semua bahan sampai merata. Kalau daging mulai matang, segera tambahkan daun bawang. sajikan.


Nah bagi pencinta kuliner soto, bisa segera ramai-ramai datang ke Surabaya Suites Hotel. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari di analisapost.com. (Dna)


#suguhannusantara #paradesoto #kulinernusantara #surabayasuiteshotel #makananindonesia #soto #sopkonro #soupkonro #blacksoup

454 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua