Tingkatkan Kapasitas Pengusaha Petambak, LPEI Kolaborasi Dengan Pemerintah Kabupaten Situbondo
top of page

Tingkatkan Kapasitas Pengusaha Petambak, LPEI Kolaborasi Dengan Pemerintah Kabupaten Situbondo

SITUBONDO - analisapost.com | Kabupaten Situbondo salah satu wilayah penghasil udang di Jawa timur, Apalagi komoditas udang berkontribusi cukup besar terhadap total ekspor perikanan Indonesia, yakni sebesar 55,41%. Menjadi komoditas unggulan ekspor terutama untuk udang Windu dan udang Vaname. Selasa (2/8/2022).

LPEI bersama Pemerintah Kabupaten Situbondo menyelenggarakan pelatihan manajemen ekspor kepada 20 pembudidaya udang (Foto: Fia)

Berdasarkan data olahan dari IEB Institute, selama Januari-Mei 2022 ekspor udang dan olahannya mengalami peningkatan hingga 17,56% (YoY) atau mencapai USD 1,27 miliar dengan negara tujuan ekspor utama yaitu Amerika Serikat, Tiongkok, Jepang, Vietnam dan Thailand.


Melihat kontribusi dan potensi yang signifikan terhadap ekspor nasional, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) Indonesia Eximbank sebagai Special Mission Vehicle Kementerian Keuangan RI bersama Pemerintah Kabupaten Situbondo bersinergi memberikan pelatihan dan juga pendampingan bagi para petambak udang enam desa di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.


Sebagai tindak lanjutnya, LPEI bersama Pemerintah Kabupaten Situbondo menyelenggarakan pelatihan manajemen ekspor kepada 20 pembudidaya udang di Desa Devisa Klaster Udang yang berlokasi di Aula UPT Perikanan Budidaya, Dusun Pathek, Desa Gelung, Kecamatan Panarukan, Situbondo, Jawa Timur (28/7).


Direktur Eksekutif LPEI Riyani Tirtoso menyampaikan pelatihan yang diberikan ini merupakan wujud pendampingan LPEI dari aspek kelembagaan.

"Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi manajemen Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) dan petambak, menyempurnakan standar prosedur dan kualitas udang serta meningkatkan kemampuan petambak untuk mengelola limbah dengan baik," ujarnya.


Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Situbondo, Kholil mengapresiasi atas terwujudnya kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Situbondo dan LPEI melalui program Desa Devisa Klaster Udang Situbondo.


"Kami berharap selain dapat meningkatkan kompetensi dan keterampilan dalam membudidaya udang, pelatihan ini juga dapat menjadi role model bagi daerah lain di Kabupaten Situbondo dalam hal peningkatan kapasitas usaha baik untuk sektor UKM maupun desa," tutupnya. (Fia)



Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari analisapost.com


106 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page