top of page

Tips Menyimpan Sayuran di Kulkas, Hemat dan Lebih Awet


Tips Menyimpan Sayuran di Kulkas, Hemat dan Lebih Awet
Tips Menyimpan Sayuran di Kulkas, Hemat dan Lebih Awet (Foto: Div)

SURABAYA - analisapost.com | Salah satu cara paling mudah membuat sayur lebih tahan lama adalah dengan menyimpan di dalam kulkas. Tetapi jika cara penyimpanannya kurang tepat, sayur tetap bisa membusuk.


Lantas bagaimana cara menyimpan sayuran di kulkas agar tetap segar dan awet?

  1. Pisahkan Sayuran: Jangan menyimpan sayuran bersama buah-buahan, karena beberapa buah dapat mempercepat pematangan sayuran di sekitarnya. Pisahkan sayuran dari buah-buahan dalam kulkas.

  2. Gunakan Kain Kering: Sebelum menyimpan sayuran di dalam kulkas, pastikan sayuran tersebut sudah dikeringkan dengan baik. Kelembaban berlebih dapat mempercepat pembusukan.

  3. Tempat Penyimpanan yang Tepat: Setiap jenis sayuran memiliki kebutuhan suhu dan kelembaban yang berbeda. Simpan sayuran yang membutuhkan suhu dingin dan kelembaban tinggi seperti bayam dan brokoli di bagian kulkas yang lebih lembab, sedangkan sayuran seperti wortel dan mentimun yang membutuhkan suhu dingin tetapi kelembaban rendah, simpan di bagian kulkas yang lebih kering.

  4. Jangan Cuci Terlalu Awal: Hindari mencuci sayuran jika disimpan di kulkas, kecuali jika Anda memang akan segera mengonsumsinya.

  5. Simpan dengan Ruang Udara: Jangan menumpuk sayuran terlalu padat di dalam wadah kulkas. Berikan sedikit ruang udara di sekitar sayuran untuk sirkulasi udara yang lebih baik.

  6. Simpan dalam Wadah yang Tertutup: Gunakan wadah yang tertutup untuk menyimpan sayuran. Agar terhindar dari kelembaban berlebih dan kontaminasi dari bahan lain jangan lupa wadah dialasi tisu.

  7. Periksa dan buang Sayuran yang Rusak: Secara berkala, periksa sayuran yang disimpan di kulkas. Jika ada yang mulai membusuk atau rusak, segera buang untuk menghindari penyebaran ke sayuran lainnya.

  8. Jangan Mencampur Sayuran yang Berbau Tertentu: Jangan menyimpan sayuran yang sensitif terhadap bau ini bersama sayuran lainnya.

Cara penyimpanan di kulkas
Cara penyimpanan di kulkas (Foto: Div)

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menyimpan sayuran di kulkas dengan lebih hemat dan menjaga keawetan sayuran tersebut agar tetap segar lebih lama.(Dna)


Dapatkan berita pilihan serta informasi menarik lainnya setiap hari dan ikuti berita terbaru analisapost.com di Google News klik link ini jangan lupa di follow.

1.002 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page