top of page

UKWMS Hadirkan Pakar Bedah Toraks, Dies Natalis Ke 62 dan Dies Natalis Ke 12 FK Kedokteran

SURABAYA - analisapost.com | Dalam rangka Dies Natalis ke-62 Universits Katolik Widya Mandala Surabaya dan Dies Natalis ke-12 Fakultas kedokteran, UKWMS menyelenggarakan Talk Show dengan tema "Bedah Toraks" Pengalaman Klinis 44 Tahun Dekan Fakultas Kedokteran UKWMS Prof. Paul L Tahalele bercerita tentang pengalaman hampir setengah abad melakukan operasi pada 50 jenis kasus bedah toraks.

Dalam rangka Dies Natalis ke-62 Universits Katolik Widya Mandala Surabaya dan Dies Natalis ke-12 Fakultas kedokteran, UKWMS menyelenggarakan Talk Show (Foto: Div)

Kegiatan ini diselenggarakan Selasa 28 Maret 2023 pukul 09.00-12.00 WIB di ruang Theater Barat UKWMS Kampus Pakuwon City secara hybrid, yakni melalui zoom meeting dan offline.


Talk Show yang di selenggarakan begitu spesial karena menghadirkan narasumber Prof dr paul L.Tahalele SpB SpBTKV (K)VE yang berprofesi sebagai dokter ahli bedah dan dr. Franklin Vincentius Malonda, B.MedSc., Sp. B Dosen Fakultas Kedokteran UKWMS sebagai moderator


Diawali dengan kisah dan pengalaman narasumber hingga melahirkan karya terbarunya mengenai pengalamannya menjadi dokter bedah toraks dan kardiovaskular bisa membawa kebaikan selama 44 tahun diabadikan menjadi buku "Bedah Toraks" setebal 500 halaman.


Prof Paul pernah mengenyam pendidikan di Jerman. Ia berbicara tentang kiat-kiat cara berpikir seorang akademisi bagi perguruan tinggi dengan menyertakan pengalamannya yang telah berkecimpung lama menjadi seorang ahli bedah toraks.


Ia menceritakan saat Dokter Paul bersama tim harus membantu pelayanan Kesehatan menyelamatkan nyawa banyak orang dimana dengan keterbatasan alat medis saat itu, banyak terdapat kasus penyakit di pulau terpencil. Bagi Dokter Paul, pengalaman yang tidak pernah bisa dilupakan adalah saat bertugas di Papua.

Prof Paul saat memberikan talkshow (Foto: Div)

"Dipulau terpencil sangat sulit mencari bank darah, tapi kami harus bisa mengambil tindakan dengan alat yang terbatas. Disaat itulah kita harus bisa bersikap dan mengambil keputusan untuk menyelamatkan nyawa banyak orang," ujarnya saat talk show bedah buku di Ruang Theater Barat Uiversitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS), Kampus Pakuwon City, Selasa (28/3/23).


Teknik yang dikembangkan dokter Paul, tidak mahal. Dengan keterbatasan peralatan, sarana penunjang, sarana diagnostik, sarana transportasi, biaya, ia membuat kreasi dan inovasi. Alat operasi yang mudah didapat dan sederhana, bisa dilakukan dengan fasilitas atau alat operasi yang terbatas.


Terdapat beberapa pesan yang disampaikan oleh narasumber pada talkshow ini, "Kalau anda kuliah, tunjukanlah prestasi disiplin, semangat, dan tunjukan atitute. Ada 6 kunci yang wajib diketahui pertama, jujur, ke-2 sopan, ke-3 hormat, ke-4 disiplin, ke-5 rajin, dan ke-6 jaga kebersihan. Ini yang harus di pegang kalau mau maju," pesan prof Paul. Ia tidak menitik beratkan kuantitas namun juga daya ungkitnya agar mahasiswa FK UKWMS bisa menghasilkan pemikir-pemikir yang inovatif dan futuristik.

Berharap dengan adanya talk show, para mahasiswa ataupun calon mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menghadapi era persaingan global. Selain itu talk show ini diorientasikan untuk mengispirasi ide-ide kreatif bagi mahasiswa UKWMS sehingga semakin memotivasi semangat belajar. Dalam acara talk show hadir murid-murid SMA dan tamu undangan, di akhiri foto bersama.(Dna)


Dapatkan update berita pilihan dan berita terkini setiap hari dari analisapost.com

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page