Wisata Sendang Made Yang Kumuh Dan Terlupakan
top of page

Wisata Sendang Made Yang Kumuh Dan Terlupakan

Diperbarui: 23 Apr 2022


Foto: Div

Jombang, Analisa Post | Legenda tentang Sendang Made Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang sudah terkenal di mana-mana. Selasa (02/02/2021)


Menurut kepercayaan masyarakat disana yang di sampaikan oleh keturunan juru kunci sejak dulu Sendang Made ini menjadi lokasi pilihan bagi para sinden. Ia mengatakan, sebelum dinobatkan menjadi sinden, para perempuan itu harus menjalani wisuda terlebih dahulu. Mereka melakukan berendam dan mandi dilokasi sendang.


Namun faktanya ketika awak media Analisa Post datang ke lokasi, sungguh memprihatinkan antara cerita yang dulu di sampaikan dengan kenyataannya jauh dari harapan.


Selain Sendang Made masih ada kolam lain yang berukuran lebih kecil di sekitar lokasi. Misalnya Sendang Payung, Sendang Padusan, Sendang Sinden, Sendang Omben dan Sendang Drajat, tanpa adanya fasilitas yang memadai seperti kurangnya lampu penerangan dan kamar mandi.

Foto : Div

Dunia wisata merupakan aset berharga bagi tiap - tiap daerah. Tetapi yang sering menjadi pertanyaan terbesar adalah tata kelola yang ada di daerah tersebut. Contoh nyata ketika awak media Analisa Post berkunjung ke Sendang Made Jombang pemandangan di wisata sejarah sangat memprihatinkan. Banyak sampah berserak meskipun ada juru kunci.


Ditambah lagi sikap juru kunci terhadap para tamu sangat acuh. Padahal tempat tersebut dikunjungi oleh berbagai kalangan. Sebagai Juru Kunci, seharusnya tamu-tamu yang datang di antar dan di beritahukan apa yang boleh atau apa yang tidak boleh di lakukan bukan di lepas begitu saja dan di biarkan.

Foto:Div

Sendang Made dibuka 24 jam, mengingat banyaknya pengunjung yang ingin melakukan ritual dalam waktu tertentu terutama di malam jumat legi, lokasi ini pasti ramai oleh para peziarah yang mencari wangsit maupun berkunjung ke petilasan. Tapi jika wisata sejarah di biarkan tidak terawat, apa yang akan terjadi kedepannya??? Apakah objek wisata juga ikut mengalami krisis karena Covid-19 ??.


Perlu di ketahui Juru Kunci itu digaji seharusnya bekerja sesuai porsinya agar wisata sejarah tidak kumuh. Masyarakat berharap ada perhatian penuh dari Bupati Jombang, Disparta, BPCB, hingga Mentri Pariwisata. Saat awak Media Analisa post konfirmasi ke Bu Winarti sebagai Kades Sendang Made, ternyata beliau sedang berada di Jombang. AP.(Ido)




123 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page